Memberikan manfaat menarik di setiap Tips.

   
     Tips Pedia
Tap To Call

4 Cara Mengajari Anak Berbicara Ketika Sudah Terlambat

Cara mengajari anak bicara memang sedikit merepotkan ketika anak tersebut terlambat waktu berbicaranya. Contoh kasus banyak balita yang terlambat bisa berbicara. Hal ini terkadang bukan karena orang tua yang lupa mengajarkan, tetapi juga terdapat faktor genetik pada balita tersebut. Untuk itu kita wajib menyadarinya dan segera memecahkan permasalahan tersebut. Dalam artikel ini kita akan membahas solusi atau cara untuk mengatasi hal tersebut.

Ada 4 cara mengajari anak bicara ketika kondisi mereka sudah terlambat. Pada umumnya anak akan mulai berbicara pada usia 2 tahun. Namun jika tidak, anda perlu melakukan empat hal sebagai berikut:

  • Meningkatkan intensitas percakapan dengan anak

Ada kemungkinan anak anda mengalami kekurangan kosa kata untuk mengekspresikan keinginannya pada usia 2 tahun tersebut. Sehingga balita yang mengalami kekurangan kosa kata tersebut sulit untuk berbicara. Peran orang tua dengan mulai mengenalkan kosa kata sederhana secara intensif merupakan salah satu solusi yang baik. Hal ini di tujukan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata anak yang terlambat bicara.

  • Mengulang kata yang di perkenalkan

Metode ini sangat sesuai untuk anak yang memiliki keterlambatan berbicara. Caranya yaitu meminta meniru kata yang di perkenalan dan mengulang secara berulan- ulang. Pada awalnya anak akan mengalami kesulitan dalam pengucapan. Namun, dengan dukungan dan seiring berjalannya waktu anak akan mampu mengucapkan apa yang kita ajarkan.

  • Mendeskripsikan benda yang baru

Memperkenalkan sebuah benda dengan memberitahu funsi benda tersebut merupakan langkah yang baik. Hal ini akan membuat balita maupun anak yang terlambat berbicara mampu mengenali obyek.  Pendeskripsian yang berulang akan membuat mereka berbicara dan belajar kata-kata yang lain.

  • Membacakan cerita bergambar.

Tentunya sambil mengamati gambar anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar meskipun mereka tidak bisa mengungkapkan. Dari sini orang tua di wajibkan untuk membacakan maupun mendeskripsikan gambar tersebut secara berulang. Hal ini akan merangsang daya ingat dan cara bicara anak supaya segera berbicara.

Demikian 4 cara mengajari anak berbicara ketika mereka mengalami keterlambatan waktu berbicara. Dengan cara tersebut anda dapat mengaplikasikan terhadap anak anak anda. Ingat, mereka bukan tidak bisa melainkan hanya terlambat saja.

Tinggalkan balasan