Meski sudah banyak toko online bermunculan, masih ada beberapa orang yang kurang yakin untuk berbelanja secara online. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, di antaranya adalah maraknya penipuan online yang terjadi. Untuk itu kalian tetap harus berhati-hati dalam berbelanja online.

Belanja secara online sebenarnya akan membawa beberapa keuntungan bagi kita di antaranya adalah efisiensi waktu sebab kalian tak perlu membuang-buang waktu untuk memilih barang yang ingin dibeli seperti membeli pada toko offline. Kalian dapat berbelanja hanya dengan memandangi layar gadget kesayangan kalian. Selain itu harga yang dipatok oleh toko online biasanya akan lebih murah sebab penjual tak mengeluarkan biaya sewa seperti yang berlaku pada toko offline.

Metode pembayaran yang ditawarkan pun beragam, mulai dari transfer bank, menggunakan kartu kredit atau melalui internet banking. Semisal kalian merupakan nasabah bank BRI, kalian akan dengan leluasa melakukan pembayaran melalui android yang dimiliki dengan mengakses mobile banking BRI dari layar smartphone Anda. Artinya kalian tak perlu repot mencari mesin ATM untuk melakukan pembayaran. Agar lebih aman dan mudah dalam berbelanja online, ,ikutilah tips berikut:

  1. Pilih Toko Online yang Terpercaya

Sebelum memilih barang yang ingin dibeli ada baiknya kalian melakukan pengecekan terlebih dahulu akan toko online tersebut. Apakah toko online tersebut cukup terpercaya? Untuk mengetahui sebuah toko online dapat dipercaya ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan. Pertama-tama lihat apakah mereka menggunakan website gratisan atau berbayar, biasanya penipu online tidak akan mau mengeluarkan biaya untuk membuat sebuah website yang berbayar. Lalu kalian juga bisa memeriksa apakah toko online tersebut memiliki respon dari pembeli lainnya yang biasa disebut sebagai testimonial. Jika mereka memiliki setidaknya beberapa testimonial dari orang yang pernah melakukan pembelian.

  1. Banyak Opsi Ekspedisi Pengiriman

Selain mencari toko online yang terpercaya, kalian juga harus pastikan bahwa toko online tersebut memiliki banyak opsi ekspedisi pengiriman. Sebab hal ini akan berpengaruh kepada anggaran pengiriman yang harus kalian keluarkan. Dengan begitu kalian akan bisa membandingkan ekspedisi manakah yang memberikan harga paling murah. Namun perlu diketahui juga, biasanya ongkos kirim yang murah juga akan menentukan lama atau tidaknya barang sampai ke alamat pengiriman.

  1. Pilih Toko Online di Lokasi yang Sama

Poin ketiga ini masih ada sedikit banyak kaitannya dengan ongkos pengiriman. Baiknya kalian memilih toko online di wilayah yang sama dengan tempat tinggal kalian. Sebab hal ini juga akan mempengaruhi harga ongkos kirim yang dikenakan. Semisal kalian berdomisili di Jakarta, maka carilah toko online yang berlokasi di Jakarta dan melakukan pengiriman dari Jakarta juga. Sebab ongkos kirimnya akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan ongkos kirim dari luar kota.

  1. Lakukan Perbandingan Harga

Untuk mendapatkan harga yang terbaik, kalian perlu melakukan perbandingan harga di antara beberapa toko online. Jika ada yang menjual barang yang ingin kalian beli dengan harga yang lebih murah mengapa harus membeli dengan harga yang mahal. Namun harga murah belum tentu menjamin kualitas barang juga bagus. Untuk itu kalian harus teliti dalam memilih toko online, apakah barang yang dijual memiliki kualitas yang bagus atau tidak.

  1. Banyak Opsi Pembayaran

Yang terakhir dalam berbelanja online, kalian juga harus mempertimbangkan toko online yang memiliki banyak opsi pembayaran. Tak harus terpaku pada metode pembayaran melalui mesin ATM apakah mereka juga menerima pembayaran melalui internet banking, kartu kredit atau metode pembayaran lainnya? Semisal kalian merupakan nasabah bank BRI pastikan mereka menerima pembayaran melalui ibank BRI untuk memudahkan kalian dalam melakukan pembayaran yang aman.

Tinggalkan balasan