Banyak pendapat tentang biaya Study in Indonesia yang terbilang tinggi. Bahkan meski diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri. Topik ini menjadi bahan perbincangan banyak akademisi bidang pendidikan dari ahli hingga mahasiswa, sang penerima program pendidikan. Berbagai upaya sebenarnya telah dilakukan pemerintah seperti memberikan subsidi pada Perguruan Tinggi Negeri. Dana subsidi berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sejak lima tahun lalu mengalokasikan sebanyak 20% untuk bidang pendidikan. Namun kita memang tidak bisa menyandarkan segala hal kepada pemerintah. Perlu adanya banyak alternatif untuk menyiasati situasi ini mengingat pentingnya pendidikan. Salah satu solusi alternatif yang efektif adalah mengikuti program beasiswa.

Universitas Indonesia sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia memiliki program beasiswa yang cukup variatif. Variatif dalam jumlah dan jenis beasiswa. Terdapat beasiswa tingkat lokal, regional, serta internasional. Reputasi universitas Indonesia membuat universitas ini memiliki jaringan yang luas sehingga dinilai cukup kredibel untuk menjadi mitra beberapa lembaga penyandang dana pendidikan. Bagi kamu yang memiliki keinginan belajar di Universitas Indonesia namun mengalami kesulitan dana jangan berkecil hati. Seperti terlampir pada website resminya, Universitas Indonesia memiliki setidaknya 30 program beasiswa yang bisa diakses oleh mahasiswa dan calon mahasiswa. Beberapa diantaranya berasal dari perusahaan lokal, program pemerintah, serta lembaga internasional.

Program beasiswa yang berasal dari perusahaan swasta misalnya beasiswa dari Indocement, Exxon Mobile, SHELL, Unilever, BCA, Daihatsu Astra. Ada pula beasiswa dari BUMN yaitu dari BP. Migas. Terdapat pula beasiswa reguler yang memang dimiliki oleh setiap Perguruan Tinggi Negeri yaitu Program Bidik Misi. Program Bidik Misi merupakan program beasiswa yang seleksinya dilakukan berdasarkan pada nilai akademik calon penerima beasiswa dari Sekolah Menengah Atas.

Program ini mengharuskan adanya kerja sama antara sekolah dengan perguruan tinggi. Terdapat pula program beasiswa dari lembaga internasional, misalnya dari Yayasan Turki-UICCI. Program ini dapat diakses dengan lebih dulu mengisi formulir yang bisa diunduh dari website resmi Universitas Indonesia. Tidak perlu kuatir study in Indonesia karena tersedia banyak program beasiswa terutama di Universitas Indonesia. Nah sekarang tinggal kamu nih yang menganalisa lalu menentukan program mana yang cocok dan tepat untuk kamu.  

Tinggalkan balasan