Semakin berkembangnya teknologi, banyak juga yang berpengaruh dalam kehidupan anak-anak zaman zekarang. Khususnya dalam memilih sebuah permainan. Kebanyakan anak-anak lebih menyukai bermain dengan gadget ketimbang melakukan permainan lain yang dapat mengasah seluruh bagian anggota tubuh. Maka tidak heran, saat ini permainan olahraga tradisional jadi semakin jarang dimainkan.

Padahal, permainan olahraga tradisional tidak kalah menyenangkan dan seru dari permainan-permainan digital yang ada di gadget. Bahkan, permainan tradisional lebih banyak mendatangkan manfaat baik khususnya bagi anak yang berada dalam tahap tumbuh kembang. Karena banyak permainan tradisional yang mengasah kemampuan otak kiri dan juga otak kanan.

Sebaiknya, Ayah dan Bunda mulailah membatasi anak dalam menggunakan gadget, dan kenalkan pada permainan-permainan olahraga tradisional berikut yang jauh lebih menyenangkan:

permainan olahraga tradisional
permainan olahraga tradisional
  • Balap Karung

Permainan ini yang masih sangat populer hingga sekarang, hanya saja permainan ini biasanya dimainkan hanya ketika ada perlombaan dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan. Padahal permainan ini bisa dilakukan kapan saja untuk melatih kecepatan dan keseimbangan anak. Cara bermainnya adalah dengan mengenakan karung hingga menutupi semua kaki, lalu melompat dengan cepat hingga ke garis finish. Pemain yang sampai dengan cepat itulah pemenangnya.

  • Engklek

Permainan ini juga sangat populer di Indonesia, hanya saja sekarang tidak banyak lagi yang memainkannya. Untuk bermain permainan tradisional ini, caranya dengan membuat sebuah gambar petak yang bisa digambar di permukaan tanah. Lalu siapa pemain yang mendapatkan petak dengan jumlah banyak akan menjadi pemenangnya.

  • Kasti

Permainan ini sudah ada sejak lama, bahkan katanya sejak Belanda masih menjajah Indonesia. Permainan ini bisa dimainkan dengan dua kelompok. Kelompok satu bertugas untuk menjaga dan kelompok satu bertugas menjadi pemukul. Kelompok penjaga harus bergantian berlari dan harus mengamankan pos-posnya.

  • Lenggang Rotan

Permainan tradisional ini juga dikenal dengan nama hula hoop. Permainan ini mengharuskan pemainnya untuk bergerak memutar tubuh bagian perut dan pinggul. Selain menyehatkan, permainan ini juga menyenangkan.

Masih banyak lagi permainan olahraga tradisional yang bisa Ayah dan Bunda kenalkan pada anak. Selain itu, Ayah dan Bunda juga bisa mengajak anak untuk bermain bersama.

Tinggalkan balasan