Cara Aman Membeli Rumah Over Kredit

0
2
rumah over kredit

Saat ini setiap orang yang tengah menginginkan sebuah hunian atau tempat tinggal yang layak  bagi keluarganya tercinta dihadapkan dengan banyak pilihan yang memudahkannya untuk melakukan pembelian sebuah tempat tinggal, salah satunya adalah dengan membeli sebuah rumah over kredit yang saat ini banyak ditawarkan oleh berbagai pihak. Pada dasarnya sebuah tempat tinggal yang dijual dengan sistem over kredit tersebut merupakan sebuah rumah yang tadinya dibeli dengan melalui sebuah sistem pembelian KPR atau kredit pemilikan rumah yang ditawarkan oleh beberapa bank. Karena orang yang melakukan pembelian tersebut tidak sanggup menutupi cicilan bulanannya maka dijual lah dengan sistem tersebut. atau dapat juga hasil dari pencabutan pihak bank pada nasabahnya yang telat melakukan pembayaran. Berikut akan saya paparkan beberapa tips aman dalam melakukan pembeliannya:

1 . Usahakanlah berhubungan langsung dengan pihak yang memberikan kredit tersebut misalnya bank yang bersangkutan dimana mantan dari pemilik rumah KPR tersebut pernah mengajukan pembelian sebuah hunian dengan sistem KPR. Lazimnya, sistem transaksi ini disebut juga sebagai alih debitur atau pemindahan hak kepemilikan rumah dari pemilik lama ke pemilik yang baru. Kedua belah pihak wajib datang kepada bank yang bersangkutan dan mengajukan oper kredit untuk rumah tersebut. Nantinya setelah di acc oleh pihak bank, maka debitur baru atau pemilik baru yang sudah melakukan pembelian rumah dengan sistem pembelian rumah over kredit akan disuruh untuk mengisi beberapa formulir sebagai tanda bukti sah bahwa properti tersebut sudah berpindah tangan.

2 . Lakukanlah proses pembelian tersebut melalui notaris jika kedua belah pihak baik calon debitur baru maupun calon debitur lama tidak ingin mengunjungi pihak bank yang bersangkutan. Proses tersebut merupakan suatu proses yang mampu memperkuat pengesahan hukum dengan cara melakukan sebuah akta notaris. Caranya adalah, kedua belah pihak wajib mendatangi notaris dengan membawa kelengkapan berkas dan surat-surat yang dibutuhkan. Nantinya di tempat notaris tersebut akan dibuatkan sebuah akta perjanjian atau pengikat jual beli atas pengalihan hak milik properti dan tanah dari satu pihak ke pihak lain.

Tinggalkan balasan