Bagaimana cara menghitung suku bunga flat ketika mengambil angsuran? Apa saja pertimbangannya? Tentu hal-hal semacam ini tidak jarang mengganggu anda ketika sudah mengambil Kredit Pemilikan Rumah atau KPR demi memiliki sebuah rumah idaman. Anda perlu mengerti bahwa ada sejumlah hal penting atau komponen yang harus anda perhatikan ketika membayarkan angsuran. Misalnya saja seperti suku bunga flat yang tentunya akan mempermudah pengaturan keuangan anda. Suku bunga flat ini sebenarnya dapat anda hitung menggunakan kalkulator KPR BTN.

Jika melihat dalam simulasi KPR yang diterapkan oleh bank BTN, maka terdapat 2 komponen yaitu angsuran pokok dan bunga. Dimana jumlah dari keduanya memang dihitung bersama dengan suku bunga tahunan maupun jangka waktu. Sehingga dapat memberikan gambaran mengenai jumlah dari angsuran yang harus anda bayarkan pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Lalu apakah anda sudah tahu bagaimana mengetahui suku bunga flat dari angsuran KPR yang harus anda bayarkan? Secara lebih lengkapnya mengenai perhitungan suku bunga flat menggunakan kalkulator KPR dari BTN dapat anda lihat di bawah ini:

1. Cicilan pokok = pinjaman dibagi dengan tempo peminjam.

Pinjaman dibagi Tempo peminjam

2. Bunga = pinjaman yang dikalikan dengan suku bunga, dibagi dengan 12 (1 tahun=12 bulan).

Pinjaman x suku bunga/12

3. Total angsuran = cicilan pokok yang ditambahkan dengan bunga. (Cicilan pokok + bunga).

Tinggalkan balasan