Memberikan manfaat menarik di setiap Tips.

   
     Tips Pedia
Tap To Call

Inilah Aspek Penting Dalam Perkembangan Anak

Perkembangan Motorik

Perkembangan Motorik

Perkembangan motorik anak erat kaitannya dengan segala sesuatu tentang gerakan anak. Untuk gerak dengan sempurna, ada 3 aspek yang terlibat, yaitu; otot, otak dan saraf. Untuk itu, penting bagi tiap orang tua agar bisa melatih ketiga aspek tersebut.

Perkembangan pada usia anak-anak merupakan salah satu perkembangan yang paling pesat dan signifikan. Dari sekian banyak perkembangan yang terjadi pada anak, perkembangan motorik merupakan salah satunya. Perkembangan ini erat kaitannya atau bahkan didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan segala perkembangan gerakan anak.

Saat membahas mengenai gerakan, tentunya akan memunculkan otot, saraf dan otak sebagai bagian terpentingnya. Saat gerakan itu terjadi, otot, saraf dan otak bersinergi agar gerak itu bisa sempurna. Nah, yang dimaksud motorik pun seperti itu. Saat membahas motorik, tentunya akan membahas bagaimana otot, saraf dan otak itu berfungsi dan berkaitan untuk melakukan suatu hal yaitu gerak.

Banyak studi terutama psikolog yang menganalisis bagaimana keseimbangan antara otot, otak dan saraf mesti mengalami perkembangan yang seimbang. Kadangkala banyak anak atau bahkan dibawa sampai dewasa hanya kuat di salah satu atau sebagian aspeknya. Misalnya, anak yang bagus perkembangan gerak ototnya saja akan tumbuh menjadi anak atau dewasa yang menyenangi olahraga atau yang berkaitan dengan kegiatan fisik. Atau, anak dominan perkembangannya pada saraf atau otak, akan tumbuh menjadi anak dan dewasa yang mampu berkonsentrasi tinggi. Dalam perkembangan geraknya, tentu diharapkan untuk lebih seimbang baik itu dalam perkembangan otot, saraf maupun otak.

Nah,dari ketiga hal yang menjadi aspek penting dalam perkembangan motorik, usia anak merupakan usia yang paling bagus dan paling mudah menyerap untuk perkembangannya. Usia anak pun bisa terbagi dalam beberapa periode. Tapi, menurut banyak ahli bahwa usia 3 – 4 tahun merupakan usia yang paling bagus. Banyak yang menyebut usia ini sebagai golden age atau usia emas perkembangan anak.

Dengan melihat aspek motorik yang terdiri dari 3 aspek ini, sudah selayaknya dan seharusnya orangtua semakin memperhatikan perkembangan anak terutama di usia ini. Untuk melatih gerak atau motorik anak bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satunya ialah permainan atau olahraga. Permainan atau olahraga, tentunya akan mampu menambah keceriaan anak juga.

Tinggalkan balasan