Ketahui Jenis dan Fungsi Alat Kesehatan

0
3
Ketahui Jenis dan Fungsi Alat Kesehatan

Sebagai ahli medis tentu alat kesehatan menjadi alat-alat yang tidak asing lagi dalam kehidupan mereka. Namun, untuk sebagian orang yang memang bukan pada bidangnya tentu berbeda. Ada banyak alat yang digunakan dalam bidang kesehatan yang kini banyak beredar di pasaran dengan merk dagang yang berbeda-beda.

Ketahui Jenis dan Fungsi Alat Kesehatan Bahkan toko online pun ikut hadir menjajakan perlengkapan kesehatan dengan harga yang bervariasi. Meski begitu, anda harus mampu mengenali produknya dengan seksama, dikhawatirkan terjadi kesalahan dalam membeli dan alhasil anda merasa dirugikan. Cari pula tempat atau toko yang terpercaya sehingga keamanan dalam berbelanja akan terjamin. Toko online yang dapat anda pilih yakni toko online shop , dengan kenyamanan serta keamanan yang anda peroleh dalam membeli produk yang anda butuhkan.

Ada beberapa alat kesehatan yang sering kita jumpai di sebuah klinik, ataupun di ruang prakter dokter ketika dilakukan pemeriksaan kesehatan. Untuk lebih mengenal dengan jelas simak ulasan berikut ini:

  1. Stetoskop
    Alat yang pertama akan sering anda jumpai, di mana alat ini digunakan para ahli medis terutama dokter. Alat ini berfungsi sebagai alat bantu untuk mendengarkan suara di bagian tubuh tertentu pada saat melakukan pemeriksaan kesehatan. Biasanya digunakan untuk mendengar suara detak jantung, bising usus, dan lain sebagainya.
  2. Tensimeter
    Merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah, yang digunakan pula dengan bantuan stetoskop. Ada tiga jenis tensimeter yang dapat anda temukan, yakni tensi meter air raksa, kemudian tensimter aneroid, dan digital. Masing-masing dari mereka cara penggunaannya berbeda. Untuk tensimeter air raksa, pada jaman modern kini lebih jarang digunakan dan beralih pada dua jenis tensimeter lainnya.
  3. Termometer
    Untuk alat yang ketiga ini banyak dimiliki mereka yang bukan ahli kesehatan, karena cara penggunaannya yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Alat ini berfungsi untuk mengukur suhu atau tempratur tubuh seseorang apabila pada suhunya terjadi perubahan. Untuk termometer pula memiliki beberapa jenis, salah satunya termometer air raksa dan digital.
  4. Endoscopy
    Alat ini untuk sebagian orang mungkin terdengar asing, karena jarang digunakan. Fungsi alat ini ialah untuk melakukan pemeriksaan ataupun tindakan yang khusus bagian dalam saluran pencernaan.
  5. Alat cek darah
    Digunakan untuk melakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol ataupun tingkat asam urat pada darah.

Demikianlah beberapa jenis dan fungsi alat kesehatan.

Tinggalkan balasan