Hamil adalah suatu kodrat Ilahi yang diberikan kepada kaum hawa, hanya saja ada sebagian dari mereka yang memang semasa hidupnya tidak Allah izinkan untuk mengalami masa kehamilan, baik yang disebabkan karena terdapat masalah dalam rahimnya, kemudian karena penyakit tertentu dan masih banyak faktor penyebab lainnya. Oleh sebab itu, bagi anda yang kini telah Allah percaya untuk memiliki seorang buah hati, maka syukurilah dan jaga dengan optimal janin yang ada dalam rahim. Seperti yang disinggung sebelumnya, banyak wanita di luar sana yang memiliki harapan untuk bisa seperti anda. Perlu diketahui, selama mengandung, ada banyak hal yang harus diperhatikan terutama kesehatan ibu hamil, karena akan sangat berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya.

Karena pentingnya kesehatan ibu hamil, berikut di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari selama masa kehamilan. Dikhawatirkan memberikan dampak negatif terhadap janin. Baik itu terjadinya kecacatan saat bayi terlahir ke dunia, bayi lahir prematur, dan lain sebagainya. Adapun makanan yang dilarang tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Hindari mengkonsumsi makanan yang masih mentah, atau diolah dengan setengah matang. Karena dikhawatirkan makanan tersebut masih mengandung bakteri atau pun parasit yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Seperti salah salah satu bakteri yang terdapat pada hewan unggas, listeria, yang dapat menyebabkan meninggalnya janin dalam kandungan. Ataupun parasit yang terdapat dalam sayuran, toksoplasma, yang memicu terjadinya kelainan pada janin. Untuk itu sebaiknya masak makanan dengan benar-benar matang.
  2. Makanan yang mengandung pemanis buatan, seperti yang mudah kita temukan saat ini di pasaran. Karena kandungan gula dapat memicu terjadinya obesitas, baik pada ibu maupun bayi. Di mana apabila terjadinya obesitas, maka akan sangat rentan terserang berbagai penyakit seperti diabetes atau kencing manis, dan penyakit lainnya.
  3. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Pada dasarnya memang ibu hamil membutuhkan asupan kalori, hanya saja dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, apabila berlebihan maka akan memicu datangnya berbagai penyakit.

Tinggalkan balasan