Mitos Jerawat dan Faktanya

0
1

Jerawat di usia dewasa bisa menjadi sangat membingungkan, berikut adalah beberapa tanggapan dokter dan ulasannya untuk mengeluarkan kita dari kebingungan.Saat jerawat terjadi di usia dewasa apa penyebabnya? Apakah karena pola makan, gaya hidup, genetic, atau make up? Dan pertanyaan selanjutnya muncul bagaimana cara menghilangkan jerawat?

Dr. Anjali Mahto dari klinik Cadogan di London, menjelaskan beberapa hal yang sebenarnya adalah mitos belaka dan beberapahal yang adalah fakta.

coklat-bikin-jerawat

Mitos Jerawat dan Faktanya Banyak wanita percaya kalau jerawat itu berbeda dengan acne, sebenarnya sama saja namun acne adalah istilah yang umumnya di gunakan oleh dokter untuk menjelaskan keadaan pasien. Perlu diketahui juga banyak yang mengatakan bahwa jerawat hanya terjadi pada masa puber atau saat usia remaj asaja – ini adalah mitos belaka. Jerawat dapat terjadi di sepanjang usia setiap manusia, hanya saja penyebabnya berbeda di tiap tahap usia.

Pad ausia dewasa terdapat dua sub-tipeyaitu:

persistent acne – jerawat yang terus menerus terjadi sejak masa remaja dan tidak pernah berhenti.

Late onset acne –adalah jerawat yang muncul setelah usia 25 tahun

 

Mitos Jerawat dan Faktanya lain mengenai jerawat adalah kecenderungannya untuk timbul pada wanita di bandingkan pada pria. Hal ini tidak berlaku untuk jerawat yang terjadi pada masa puber atau remaja. Jerawat pada usia dewasa jauh lebih sering muncul pada wanita dibandingkan pria. 12-22% wanita dewasa mengalami jerawatan di usia dewasanya, sedangkan jerawat hanya timbul pada 3% pria di masa dewasanya. Hal ini dikarena kanfisiologis wanita yang sensitif terhadap perubahan hormonal, contohnya saat siklus haid atau juga saat kehamilan.

Jerawat juga dapat timbul karena factor genetik. Yabenar, apa bila orang tua anda memiliki masalah jerawat kemungkinan besar anda pun akan mengalami hal yang sama! Percaya atau tidak studi telah menunjukkan bahwa hampir 80% jerawat terjadi karena adanya gen yang diturunkan dari keturunan.

Terjadinya jerawat yang disebabkan oleh kulit yang tidak bersih sebenarnya adalah sebuah mitos, halini karena proses timbulnya jerawat memiliki beberapa factor. Acne adalah sebuah kelainan yang terjadi di pilose baceous unit pada kulit yang terdiri dari kelenjar yang memproduksi minyak, folikel rambut dan rambut. Ukuran dan aktivitas kelenjar ini berpengaruh tergantung dari level hormone seseorang. Dalam keadaan tertentu kelenjar tersebut membesar dan memproduksi lebih banyak minyak. Dari hal tersebut selkulit menjadi lebih ‘lengket’ dan mudah memperangkap bakteri yang menyebabkan terjadinya jerawat.

Belakangan ini juga telah ditemukan bahwa konsumsi makanan berbahan dasar susu dengan indeks GI yang tinggi dapat memicu tumbuhnya jerawat. Stres juga dapat memicu timbulnya masalah masalah pada kulit termasuk jerawat. Apabila anda masuk dalam kategori ini, cobalah temukan aktivitas yang mengurangi stress atau ubah gaya hidup cara anda berkonsumsi. Sangat mungkin anda melihat perubahan pada kulit anda dengan cepat.

Mitos Jerawat dan Faktanya Jangan percaya juga apa bila ada teman anda yang mengatakan kalau jerawat itu menular atau bahkan mengkonsumsi cokelat akan memperburuk kondisi jerawat anda. Kedua hal tersebutadalah mitos. Lebih baik hindari makanan dengan bahan dasar susu dibandingkan menghindari cokelat. Kuncinya adalah konsumsi secukupnya – tidak berlebih.

Jerawat tidaklah menular antar manusia. Walau bakteri memiliki peranan dalam munculnya jerawat, hal tersebut tidak dapat di transmisi seperti infeksi bakteri pada umumnya. Namun tetap saja untuk alasan kesehatan dan higienis jangan berbagi handuk, bantal atau semacamnya dengan mereka yang sedang menderita jerawat.

Tinggalkan balasan