Kesehatan anak adalah hal yang paling utama dan harus diperhatikan oleh kita selaku orang tua, karena kesehatan merupakan kunci tumbuh kembangnya seorang anak. Bayangkan saja jika anak kita terserang suatu penyakit maka kita sebagai orang tua pasti akan melakukan berbagai cara supaya anak kita segera sembuh dari penyakitnya. Salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh anak kita adalah diare. Diare pada umumnya bisa menimpa siapa saja, tapi yang harus diwaspadai apabila sudah terjadi diare pada anak. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dengan benar oleh kita selaku orang tua.

Diare adalah pergerakan usus yang tidak menyenangkan, tidak nyaman, dan bercairan yang terus-menerus, biasanya dibawa oleh infeksi gastrointertinal (GI) yang disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. GI pada umumnya termasuk infeksi bakteri antara lain infeksi yang disebabkan oleh E.coli dan beberapa virus diare seperti rotavirus yang menyebabkan diare pada anak. Semua infeksi ini sangat menular. Infeksi diare dapat menyebar melalui tangan yang kotor, makanan atau air yang terkontaminasi dan kontak langsung dengan feses.

Adapun gejala-gejala yang paling sering timbul akibat diare:

1. Dehidrasi
Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan sehingga tubuh tidak punya cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya. Hal ini terjadi karena cairan tubuh kita terlalu banyak dikeluarkan bersamaan dengan feses yang terjangkit diare.

2. Hilangnya nafsu makan
Hal ini terjadi karena sistem pencernaan kita terganggu oleh bakteri penyebab diare, akibatnya nafsu makan menjadi berkurang. Gejala ini bisa kembali normal apabila bakteri yang terdapat di dalam usus kita sudah hilang.

Diare pada si kecil biasanya sebagian besar disebabkan oleh konsumsi dari makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri, virus maupun parasit yang dapat menyebabkan infeksi pada usus. Atau bisa juga dari peralatan makan dan minum yang tidak higienis. Semua ini sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup disiplin, mulai dari membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan, mencuci makanan yang akan kita makan, dan tentunya memilih makanan atau minuman yang memiliki kandungan yang komplit termasuk harus cermat dalam memilih susu formula buat anak. Dancow merupakan pilihan susu formula terbaik yang memiliki peranan penting dalam makanan pada anak karena sering kali bertindak sebagai satu-satunya sumber gizi bagi anak.

Demikian info menarik tentang  diare pada si kecil. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan balasan