Memberikan manfaat menarik di setiap Tips.

   
     Tips Pedia
Tap To Call

Tips Atasi Banjir

Kawasan tempat tinggal Anda rentan terkena banjir? Jika iya, maka Anda perlu mencoba melakukan teknologi tepat guna yang satu ini. Ya, cara mengatasi banjir yang satu ini merupakan teknologi sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Teknologi sederhana ini dikenal dengan istilah biopori, yaitu berupa lubang di atas permukaan tanah dimana rongga ini biasanya terbuat alami dan mampu meresap air masuk ke dalam tanah. Istilah ini pertama kali dikembangkan oleh seorang peneliti dari Institut Pertanian Bogor.

Karena berfungsi dalam meresap air, muncullah istilah teknologi lubang resapan yang diharapkan mampu bekerja optimal mencegah terjadinya banjir. Hal ini dikarenakan lubang tersebut memberi banyak fungsi diantaranya sebagai berikut:

• Membantu meningkatkan penyerapan air ke dalam tanah sehingga menghindari munculnya genangan,
• Dapat menjadi upaya dalam menangani limbah atau sampah organik,
• Menjaga kesehatan tanah,
• Dapat dibuat di sekitar rumah, bahkan bisa dibuat pada area yang tertutup semen dan di selokan.

Demikianlah manfaat yang dapat dirasakan dengan menggunakan teknologi biopori. Anda dapat membuat lubang sederhana ini di rumah Anda dengan cara yang mudah. Anda cukup menyediakan lubang sedalam 100 cm dengan diameter 10 cm. Lubang ini kemudian diisi dengan sampah organik hingga penuh. Agar tidak membuat orang-orang yang lewat diatasnya terperosok, Anda bisa menutupnya dengan sejenis kawat atau lainnya.

Tinggalkan balasan