Memberikan manfaat menarik di setiap Tips.

   
     Tips Pedia
Tap To Call

Tips Biopori Sederhana

Bagi anda yang suka berkebun mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah biopori. Bagi yang belum tahu, biopori adalah lubang-lubang kecil yang ssengaja dibuat biasanya di kebun atau taman bunga, di pinggir-pinggir halaman, dan sebagainya. fungsinya adalah sebagai resapan air yang berlebihan di permukaan. Saat musim hujan tiba, atau turun hujan dengan tiba-tiba seperti akhir-akhir ini lubang kecil tersebut bermanfaat besar.
Lubang resapan di kebun dapat dibuat sendiri dengan sederhana. Caranya adalah dengan melubangi tanah dengan lebar diameter sekitar 10 cm dan dalam tidak lebih dari 100 m. Kemudian lubang diisi dengan dedaunan kering agar aliran air yang masuk tidak mudah mengerosi biopori. Agar lebih awet, anda bisa mengeluarkan sedikit dana untuk membuat biopori dengan membeli:

1. Pipa berdiameter sekitar 10 cm dan sepanjang 100 cm, untuk lubang jalan air,
2. Sedikit adonan semen, untuk memperkuat sekitar permukaan pipa agar tanah tidak mudah masuk ke lubang.

Lubang biopori seperti di atas cocok untuk permukaan yang sudah bersemen, seperti di pinggir jalan, halaman rumah, dan lain sebagainya. Agar lebih maksimal, pembuatan lubang dapat dikonsultasikan dengan ahli bangunan. Namun demikian, untuk taman di halaman rumah biasa cukup membuat biopori sederhana. Lubang-lubang tersebut terbukti dapat menyerap air dikala hujan melanda. Sampah organik yang ada di dalamnya juga dapat difungsikan sebagai kompos. Lubang tersebut perlu diperiksa secara berkala.

Tinggalkan balasan