Di dalam dunia bisnis, mempunyai pelanggan yang loyal adalah kunci agar usaha Anda bisa bertahan lama di dalamnya. Tanpa adanya pelanggan yang selalu setia menggunakan produk atau jasa Anda, bagaimana Anda bisa bertahan menghadapi kompetisi? Jadi selain mencari pembeli baru, Anda harus bisa membuat mereka menjadi setia dan selalu membutuhkan produk Anda. di sinilah, cara promosi online bisa membantu.

Bagaimana caranya? Taktiknya adalah membentuk komunitas. Memang, Anda juga harus memastikan bahwa kualitas produk selalu di atas, punya keunggulan atau keunikan, dan juga layanan pelanggan yang top notch. Tetapi membuka komunitas di dalam bisnis Anda akan membuat pelanggan setia menjadi motor untuk mempromosikan Anda secara tak langsung, dengan tentunya biaya yang sangat rendah.

Agar tercipta komunitas pelanggan yang setia tersebut, berikut tips promosi online yang bisa Anda lakukan :

  1. Wadah – buka tempat khusus bagi para pelanggan yang sudah Anda dapatkan dengan membuat grup di Facebook, atau membuat forum di website.
  2. Interaksi – seringlah berinteraksi dengan pembeli, dan biarkan mereka saling berinteraksi di tempat komentar ataupun di grup/forum.
  3. Kegiatan – adakan kegiatan yang bisa membuat para pembeli ataupun pelanggan aktif dalam komunitas Anda, seperti kontes ataupun kopi darat.
  4. Diskusi – seringlah juga buat konten (video, artikel, grafik) yang mengundang diskusi antar anggota dan juga Anda sendiri. Interaksi langsung akan membuat orang jadi betah, dan membentuk hubungan personal.
  5. Loyalty program – Anda bisa juga mengadakan program khusus bagi pelanggan Anda yang loyal, yang sudah sering membeli dari Anda sebanyak beberapa kali. Tawarkan produk spesial, promo, dan privilege
  6. Buat aturan – ketika komunitas sudah tercipta, ajak para anggota untuk menyatukan kepala tentang apa saja aturan yang diperlukan.

Lakukan ini, dan Anda akan mendapatkan komunitas pelanggan yang semakin berkembang. Cara promosi online seperti ini termasuk sangat efektif, karena tidak hanya mengandalkan segi teknologi saja, tetapi juga mengandalkan sisi humanis dari Anda dan pelanggan. Adanya hubungan yang dianggap erat seperti ini akan membuat mereka enggan pindah ke kompetitor lain, apalagi kalau produk Anda mempunyai kualitas tinggi.