Tips Membuat Sayur Asem Khas Sunda Nikmat

0
6
Sumber gambar : www.resepmasakanlengkap.com

Sayur asem merupakan jenis masakan berkuah asli dari Indonesia. Karena rasanya yang nikmat, masakan ini sangat digemari hampir semua orang sehingga sayur asem menjadi salah satu warisan kuliner nusantara yang bisa dijumpai di setiap daerah dengan ciri khas masing-masing. Salah satu jenis sayur asem dapat anda buat dengan mudah adalah sayur asem ala sunda, biasanya sayur asem ala sunda ini berbeda karena bumbu dan rempahnya. Selain rasanya yang gurih, sayur asem juga sangat baik untuk kesehatan karena di dalamnya terdapat beberapa jenis sayuran yang menyehatkan tubuh.  Berikut ini kami tuliskan resep sayur asem khas sunda yang dapat anda praktekan dengan mudah.

Baca Juga Artikel Resep Lainnya: Resep Ayam Kreasi untuk Anak yang Susah Makan

  1. Siapkan bahan yang diperlukan

Beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk membuat sayur asem khas sunda seperti 4 sendok makan air asam, cabe ijo besar 4 buah, 1.5 liter air, kacang tanah 2 sendok makan, lengkuas 3 cm yang telah dimemarkan terlebih dahulu, buah melinjo secukupnya sesuai selera, kacang panjang 75 gram, labu siam 1 buah yang telah dikupas dan dipotong bentuk dadu, jagung manis 2 buah yang dipotong ukuran sedang, daun melinjo secukupnya, dan 2 lembar daun salam.

  1. Siapkan bumbu untuk dihaluskan

Adapun bumbu yang diperlukan seperti 1 bungkus Royco penyedap rasa ayam, 1 sendok teh terasi bakar, garam secukupnya, 1 sendok makan gula merah sisir, 6 siung bawang merah,3 buah cabe merah atau jumlahnya bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera, 3 siung bawang putih.

  1. Cara membuat sayur asem khas sunda

Pertama-tama, rebus air hingga mendidih dan masukan sayuran seperti melinjo, jagung dan kacang tanah lalu rebus hingga lunak. Campurkan Royco dan bumbu yang telah dihaluskan ditambah dengan lengkuas dan daun salam lalu didihkan. Selanjutnya masukkan sisa sayuran seperti kacang panjang, labu siam, cabe ijo dan melinjo. Berikutnya tambahkan garam, gula, air asam dan aduk sampai merata, didihkan hingga matang. Terakhir, angkat dan sayum asem khas sunda siap dihidangkan selagi hangat.

Demikian resep sayur asem khas sunda yang dapat dibuat dengan relatif mudah, selamat mencoba dan semoga sukses!

Tinggalkan balasan