Menempuh studi ke perguruan tinggi di luar negeri sudah menjadi salah satu impian yang diinginkan oleh setiap pelajar di Indonesia. Salah satu pilihannya yaitu studi di Belanda. Selain mengandalkan kemampuan ekonomi keluarga, ada juga berbagai pilihan beasiswa yang membuka kesempatan bagi anda untuk mengikuti pendidikan sebagai mahasiswa di beberapa universitas di sana. Apabila anda telah mendaftar dan lulus sebagai mahasiswa baru di salah satu perguruan tinggi yang ada di Belanda, maka persiapkanlah kebutuhan keberangkatan dan kebutuhan kuliah dengan mantap.

Berikut ini beberapa tips bagi mahasiswa baru yang akan berangkat dan kuliah di Belanda, antara lain :

  1. Sebelum berangkat, pastikan anda sudah mendapatkan tempat tinggal yang cocok selama di sana.
  2. Pilih dan bawa baju secukupnya karena anda dapat membeli baju yang harganya terjangkau ketika sudah berada di Belanda.
  3. Siapkan uang cash untuk mempermudah setiap transaksi sebelum memiliki tabungan di Belanda.

Dan ketika memulai aktivitas sebagai mahasiswa di Belanda, anda harus siap beradaptasi dengan lingkungan baru dan menempuh pendidikan yang anda pilih dengan baik. Jalanilah setiap aktivitas kuliah dengan maksimal supaya hasil yang anda dapatkan nantinya bermanfaat. Dengan seluruh persiapan mental, fisik dan lainnya secara matang, tentu saja studi di Belanda akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan dan sulit untuk dilupakan karena menghasilkan ilmu yang sangat berguna.

Tinggalkan balasan