Cara mengatur keuangan yang harus dipahami satu orang berbeda dengan cara yang harus dipahami orang lain. Banyak orang yang hanya berfokus mengatur pendapatan supaya bisa memiliki jumlah tabungan yang banyak di akhir bulan. Namun, hanya sedikit orang yang mampu melihat peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna memenuhi kebutuhan hidup.

Mendapatkan penghasilan tambahan tak sekadar bisa dilakukan dengan melakoni pekerjaan sampingan. Sebab memiliki obyek investasi juga bisa menjadi salah satu hal yang bermanfaat bagi Anda. Jenis investasi memang sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Selain bisa berinvestasi di bidang emas dan obyek properti, investasi saham pun kini makin dilirik banyak orang karena menjanjikan profit yang cukup besar. Sebelum memutuskan untuk menjalani investasi saham, alangkah baiknya kalau Anda sudah memahami 4 hal penting berikut ini:

Buatlah Perencanaan Keuangan Pribadi

Dana yang Anda gunakan untuk memulai investasi saham hendaknya bukan merupakan dana untuk kebutuhan rutin bulanan Anda. Sebaiknya Anda memprioritaskan kebutuhan rutin seperti kebutuhan rumah tangga, biaya angsuran rumah, biaya asuransi, tagihan listrik dan jenis biaya rutin lainnya. Kelebihan dana yang Anda miliki barulah bisa Anda gunakan untuk memulia investasi saham. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan konsultasi pada tim konsultan keuangan agar investasi saham Anda nantinya berjalan dengan efektif.

Amati Profil Investasi yang Sedang Anda Bidik

Semua jenis investasi pasti memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda tidak boleh gegabah dalam memutuskan untuk berinvestasi. Sisihkan waktu Anda untuk mempelajari bidang investasi yang sedang Anda bidik. Jangan lupa pula untuk membandingkan keunggulan dan kelemahan investasi tersebut dengan jenis investasi lain supaya Anda bisa menjatuhkan pilihan pada investasi yang paling baik dan minim risiko.

Pertimbangkan Jumlah Utang Anda Saat Ini

Masihkah Anda memiliki utang yang jumlahnya besar atau kartu kredit dengan bunga yang tinggi? Jika Anda masih punya utang yang jumlahnya besar, maka sebaiknya Anda menunda niat untuk berinvestasi. Sebab, Anda harus memastikan kalau kondisi keuangan Anda sudah stabil sebelum memulainya. Jangan sampai investasi malah membuat kondisi keuangan Anda jadi terhambat dan akhirnya tak sanggup membayar utang.

Mengkombinasikan Ragam Jenis Investasi

Mengombinasikan ragam jenis investasi akan mengurangi risiko kerugian saat kondisi salah satu investasi tersebut sedang anjlok. Saat Anda memilih investasi saham, maka bidiklah saham dari beberapa perusahaan dan Anda juga bisa mengombinasikannya dengan bentuk investasi lain seperti emas dan mata uang asing.

Bila Anda sudah menjalankan cara mengatur keuangan dengan baik, maka pengalaman tersebut akan membuat Anda jadi lebih teliti saat berinvestasi di bidang saham. Jangan lupa untuk selalu mempelajari investasi saham serta ragam berita terkini seputar perkembangan iklim saham di Indonesia.