Kuman merupakan penyebab timbulnya penyakit. Ia ada dimana-mana. Karenanya sebisa mungkin kita harus bisa menjaga diri dari makhluk hidup yang tak kasat mata ini. Berikut kami berikan tiga tips agar kita bisa terhindar dari kuman, baik yang dalam bentuk bakteri maupun virus

  1. Biasakan hidup bersih
    Cara paling mudah untuk bisa terhindar dari kuman adalah dengan membiasakan hidup bersih. Mulailah dari diri kita sendiri, lalu lingkungan sekitar kita. Dengan demikian, paling tidak kita bisa mengurangi kemungkinan untuk terinfeksi makhluk hidup pemicu timbulnya berbagai macam penyakit tersebut.
  1. Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak ditutup
    Tips kedua adalah dengan menghindari makanan yang tidak ditutup. Makanan seperti ini biasanya dijual di pinggir jalan, yang biasanya akan bercampur dengan asap kendaraan bermotor, debu dan seringkali dihinggapi lalat. Dari sini dapat diketahui bahwa makanan tersebut tidak bersih, dalam arti mengandung bakteri atau bahkan virus penyebab penyakit. Oleh karena itu, kita harus sebisa mungkin mencegah diri untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut.
  1. Hindari makanan setengah matang
    Selain makanan yang tidak ditutup, makanan setengah matang atau yang tidak dimasak dengan baik, juga bisa menjadi tempat berkumpulnya virus dan bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita tidak mengkonsumsi makanan yang demikian agar terhindar dari keduanya, sehingga kita pun bisa tetap sehat.