Masa kehamilan merupakan masa-masa terindah dalam kehidupan seorang wanita karena kehamilan tersebut tergolong salah satu bentuk kesempurnaan dari seorang wanita. Saat seorang wanita tengah hamil atau mengandung janin calon buah hatinya,tentu harus lebih intens dalam merawat kesehatan diri serta kandungannya supaya calon buah hati yang masih berada di dalam kandungannya tersebut dapat mengalami fase tumbuh kembang dengan baik serta sempurna. Salah satu bentuk merawat diri dan kandungan bagi wanita atau ibu hamil adalah dengan memperhatikan asupan makanan tinggi protein yang harus dipenuhi dan dikonsumsi setiap harinya guna memberikan kebutuhan nutrisi yang cukup untuk bayi dalam kandungan. Sumber nutrisi penting sebagai asupan gizi baik bagi seorang ibu hamil dapat diperoleh dari beragam jenis makanan yang umumnya berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Mengapa pengkonsumsian sayuran dan buah-buahan sangat baik bagi ibu hamil? Karena pada kedua jenis makanan tersebutlah sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi yang dikandungnya banyak tersimpan. Namun produk hewani seperti daging dan lainnya pun penting pula untuk ibu hamil perhatikan asupannya asalkan pengkonsumsiannya dapat dipadu padankan secara berimbang dengan jenis makanan yang lain. Lantas secara lebih rinci, makanan tinggi protein apa sajakah yang baik dan tepat dikonsumsi oleh wanita atau ibu hamil tersebut? berikut paparannya :

  1.    Pisang

Buah pisang menjadi jenis buah-buahan yang dinilai baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi ibu hamil. Buah pisang mampu mengembalikan dan memulihkan energi dengan cepat dimana khasiatnya ini penting sekali terutama untuk para ibu hamil yang sering merasakan kelelahan dan mual saat melangsungkan masa kehamilannya. Untuk jenis gizinya sendiri, buah pisang merupakan sumber zat kalium tinggi dimana zat ini tergolong salah satu zat penting yang dibutuhkan saat masa kehamilan.

  1.    Telur

Telur adalah sumber protein terbaik bagi ibu hamil. Dalam telur yang kaya manfaat ini terandung asam amino yang memiliki peranan dan fungsi baik bagi ibu hamil maupun untuk bayi yang dikandungnya. Masih banyak sejumlah vitamin dan mineral lainnya yang terkandung dalam telur dan memiliki manfaat baik untuk kondisi bayi yang dikandung salah satunya seperti kolin dimana zat ini dipercaya mampu menunjang peningkatan otak bayi di dalam kandungan.

  1.    Jeruk

Satu jenis buah lagi yang baik di makan atau dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jeruk. Buah jeruk banyak mengandung zat dan nutrisi penting seperti vitamin C, serat, dan juga folat. Selain ketiga jenis kandungan bermanfaat tersebut, dalam buah jeruk ini terkandung banyak air dimana hal ini memiliki peran yang baik bagi ibu hamil jika dikonsumsi karena dapat mencegahnya dari rasa lelah maupun dehidrasi yang memiliki efek tidak baik bagi kehamilan.

  1.    Brokoli

Jenis sayuran yang tergolong makanan baik untuk ibu hamil adalah brokoli. Brokoli merupakan sumber kalsium, folat, vitamin C, nutrisi, anti oksidan , serta zat besi yang sangat diperlukan ibu hamil selama masa kehamilannya berlangsung.

Demikianlah makanan penuh gizi yang baik dikonsumsi dan diperhatikan asupannya oleh para wanita dan ibu yang tengah mengalami masa kehamilan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.