Shockbreaker merupakan bagian komponen yang ada pada mobil. Shockbreaker memiliki bentuk berupa tabung dengan fungsi dalam menyerap menyerap guncangan yang dibuat oleh spring sehingga tidak terjadi adanya terjadi efek rolling. Dengan hal ini shockbreaker yang rusak merupakan permasalahan yang harus diatasi. Untuk itu, anda harus tahu ciri shockbreaker mobil rusak.

Shockbreaker dapat menunjang keamanan perjalanan mobil, sehingga anda harus memastikan bahwa komponen tersebut dalam keadaan baik-baik saja. Oleh karena itu, Mengenali tanda kerusakan shockbreaker sangatlah penting. 

Kaki Mobil bermasalah

Permasalahan kaki mobil sehingga menghasilkan bunyi decit yang disertai dengan guncangan mobil tidak pada umumnya saat melewati tanjakan, bisa menjadi penyebab tandanya kerusakan shockbreaker, lho. untuk itu, jika anda mengalami hal ini sebaiknya pastikan shockbreaker terlebih dahulu. Suara tersebut juga disertai guncangan di mobil lebih dari biasanya. 

Peredaman dan Tekanan Ban Bermasalah

Saat performa pengereman tidak dapat dikendalikan dengan maksimal, ini bisa menjadi penyebab dari proses peredaman dan tekanan ban yang bermasalah.

Hal ini diakibatkan karena terjadinya kerusakan pada shockbreaker mobil akibat dari tekanan ban, sehingga berimbas pada suspensi dan mobil yang limbung.


Mengeluarkan oli

Mengenali kondisi shockbreaker yang mudah bisa anda ketahui dengan adanya pengeluaran pada oli, yang diakibatkan kebocoran. Anda bisa melakukan pengecekan oli untuk mengetahui keadaan shockbreaker.

Penampilan body mobil tidak stabil

Terakhir anda bisa mengetahui ciri kerusakan shockbreaker dengan penampilan body atau badan mobil. Biasanya badan mobil yang tampil tidak stabil bisa menjadi tanda penyebab adanya kerusakan shockbreaker. Di mana penampilan yang stabil ini terjadi saat melewati jalan tanjakan.

Nah itulah beberapa ciri yang bisa anda temukan saat kondisi shockbreaker pada mobil mengalami kerusakan. 

Jika anda mendapati ciri shockbreaker mobil rusak, sebaiknya anda harus melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengatasinya. Sebab tadi, komponen shockbreaker ini sangatlah penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan.

Anda dapat mengatasi shockbreaker yang rusak dengan membawanya ke tempat ahlinya, bengkel, untuk melakukan service shockbreaker.