Seringkali orang tua melarang anak untuk bermain di luar rumah. Padahal di luar rumah banyak sekali permainan anak. Sehingga orang tua lebih menggandalkan untuk memberikan gadget pada anaknya, agar anak tidak keluar rumah. Padahal ada banyak sekali bahaya yang dapat ditimbulkan dari larangan anak untuk bermain di luar, alih-alih memberlikan gadget dapat memberikan dampak positif yang terjadi justru sebaliknya.

Permainan untuk Anak yang hanya mengandalkan gadget, akan memberikan dampak yang buruk bagi anak perkembangan kognitif dan sosial anak. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Emosi anak semakin tidak stabil dan cenderung lebih agresif.
2. Komunikasi anak cenderung lebih tertutup. Misalnya jika anak Anda keasikan bermain gadget, Anda ajak bicara anak akan menjawab singkat, hanya dengan gelengan dan anggukan kepala saja.
3. Menurunnya kecerdasan sosial anak, anak cenderung tidak mempunyai teman. Karena menurutnya gadget adalah segalanya.

Jika Anda tetap mempertahankan gadget untuk permainan anak Anda, maka anak Anda akan menjadi autis yang tengah asik dengan dunianya sendiri sehingga enggan untuk berbagi dengan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, bermain di luar rumah merupakan salah satu alternatif yang penting untuk melatih kecerdasan sosial anak. Jadi, permainan-permainan yang ideal adalah permainan yang banyak terlibat banyak hal yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti bermain bola, bermain basket, dll.