Komedo merupakan salah satu masalah kulit wajah yang sering dialami banyak orang baik itu pria ataupun wanita. Komedo ini bisa terjadi karena banyak faktor yang menyebabkannya seperti penggunaan produk kencantikan, sel kulit mati yang tertimbun dipermukaan kulit, perubahan hormon, perkembangan bakteri tidak terkendali, dan kulit terlalu kering.

Baca Juga: Inilah 3 Tips Dalam Perawatan Rambut Dengan Sehat dan Alami

Memang tidak akan membahayakan adanya komedo ini tetapi akan membuat orang yang mengalaminya merasa tidak percaya diri, karena penampilan bisa rusak dengan adanya komedo ini. Ada banyak tips mudah untuk menghilangkan komedo sehingga tidak perlu merasa khawatir. Berikut beberapa cara menghilangkan komedo yang mudah diantaranya yaitu :

10 Cara Menghilangkan Komedo yang Mudah dan Ampuh!

  1. Baking Soda

Baking soda dicampurkan dengan air bersih lalu diaduk hingga larut dalam air. Setelah itu gosokkan larutan itu pada bagian wajah yang berkomedo. Lakukan cara ini hanya 2 hari sekali saja lalu bersihkan wajah hingga bersih.

  1. Pasta Gigi

Gunakanlah pasta gigi yang mint lalu oleskan hanya pada area wajah yang berkomedo saja. kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas wajah hingga bersih.

  1. Es Batu

Usahakan menggunakan es batu Kristal lalu masukkan kedalam kain yang lembut dan halus. Setelah itu gosokkan kain yang berisi es batu itu kearea kulit wajah yang berkomedo dan diamkan selama 20 menit.

  1. Uap Panas

Air dipanaskan lalu masukkan kedalam wadah dan ditutup selama beberapa menit. Setelah itu buka kembali dan dekatkan wajah pada permukaan wadah. Lakukan cara ini beberapa kali lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

  1. Tomat

1 buah tomat yang masih segar dipisahkan antara bagian daging dan bijinya lalu diblender hingga halus. Setelah itu oleskan pada bagian wajah yang berkomedo dan diamkan beberapa menit.

Lalu bilas wajah dengan menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur.

  1. Daun Teh Hijau

Daun the hijau yang masih segar diambil beberapa lembar lalu ditumbuk hingga halus. Lalu campurkan kedalamnya sedikit air dan diaduk hingga menjadi pasta.

Setelah itu oleskan pada bagian wajah yang berkomedo dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas wajah hingga bersih, lakukan perawatan ini sehari 2 kali secara teratur.

  1. Komedo Tidak Dipencet

Jika komedo ini sering dipencet dengan ujung kuku maka kemungkinannya akan menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Tidak Mengkonsumsi Makanan Berminyak

Dengan tidak mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan maka akan terhindar dari komedo. Karena salah satu penyebab adanya komedo ini adalah kulit berminyak.

  1. Tidak Menggunakan Kosmetik Secara Berlebihan

Jika kulit wajah sering menggunakan produk kosmetik secara berlebihan maka akan rentannya kulit terkena masalah.

  1. Sering Membersihkan Wajah

Sering membersihkan wajah adalah cara terbaik untuk selalu menjaga kesehatan kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada saat membersihkan wajah itu dengan menggunakan produk pembersih wajah sehingga akan mudah terangkatnya kotoran.

Itulah beberapa tips atau cara menghilangkan komedo yang mudah dan ampuh. Kesepuluh cara diatas mudah kan untuk mengaplikasikannya? Selain itu cara-cara diatas merupakan cara yang mujarab untuk menghilangkan komedo.