Tidak banyak yang peduli mengenai booming-nya penggunaan pin oleh berbagai kalangan, akhir-akhir ini. Padahal, apabila lebih concern, Anda akan menemukan fakta bahwa saat ini, fungsi pin hampir menggeser penggunaan ID-Card di masyakarat. Baik itu digunakan sebagai identitas grup sebuah tim, sebagai penanda jabatan dalam sebuah perusahaan, maupun sekadar digunakan untuk signature line seseorang, dan sebagai pemanis dalam penampilan.

Oleh sebab itu, seiring dengan penggunaan pin yang semakin populer, tidak ada salahnya mencoba membuka peluang usaha cetak pin, demi memenuhi kebutuhan customized pin yang ada di tengah masyarakat. Hm, kira-kira, setelah Anda mempunyai keberanian untuk memanfaatkan peluang tersebut, faktor apa lagi, ya, yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum membuka percetakan pin ini?

cetak pinTidak lain dan tidak bukan, faktor utama yang cukup menjadi penentu keberhasilan bisnis starter Anda adalah modal. Ya, modal memegang peranan yang cukup penting karena tanpa modal, Anda tentu tidak dapat membeli dan memperoleh alat dan bahan baku yang digunakan selama pembuatan pin.

Secara hitungan kasar, Snappy—sebagai salah satu penyedia jasa percetakan pin, membutuhkan modal awal sebesar 3 juta rupiah, sebelum akhirnya menjadi salah satu percetakan pin yang independen. Alat dan bahan baku yang dibutuhkan terdiri atas mesin press pin dan moulding, printer, gunting atau circle cutter, kertas inkjet, kaleng pin, plastik pin, peniti, dan stiker laminasi.

Untuk pembuatan pin sendiri tidak terlalu sulit, khususnya pada perusahaan cetak pin starter yang baru bergerak dalam bidang percetakan pin. Beberapa bahkan dapat dipelajari secara otodidak sehingga usaha percetakan pin ini dapat dijalankan oleh berbagai kalangan.

Untuk menambah minat para pelanggan, Anda dapat memanfaatkan kemampuan Anda untuk mendesain pin dengan berbagai desain yang up to date, maupun sesuai dengan pesanan klien, sehingga para pelanggan Anda pun tidak kabur ke tempat percetakan lainnya karena disediakan berbagai pilihan desain pin yang menarik.

Nah, tidak perlu mengulur-ulur waktu lagi. Yuk, segera persiapkan niat dan keberanian Anda, lemparkan segepok modal, dan bangun usaha percetakan pin Anda. Segera.