Berita Gaya Hidup, – Tak perlu melakukan diet dan olahraga terlalu ketat jika Anda ingin mengecilkan perut buncit dalam seminggu. Karena sebetulnya ada cara-cara yang ringan yang bisa Anda lakukan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (06/10/2018), ada 13 cara untuk mengecilkan perut buncit hanya dalam waktu yang cepat dan aman. Bahkan, cara tersebut sudah bisa Anda mulai hari ini juga. Berikut ini cara, sekaligus dengan penjelasannya;

kesehatan

Minum Smoothie

Cara yang satu ini menjadi cara yang baik untuk mendapatkan perut rata secara cepat, namun tubuh Anda tetap sehat lantaran mudah dibuat, dan dapat menjadi mood booster untuk memulainya hari ini.

Disarankan minum smoothie semangka lantaran jenis buah ini kaya akan asam amino yang disebut arginine. Smoothie ini dikenal berkhasiat untuk mengurangi lemak tubuh serta merampingkan massa otot.

Pilihan lainnya adalah smoothie nanas. Minuman ini mengandung bromelain bromelain, enzim guna membantu mengurai protein serta mencegah perut kembung.

Makan dengan Porsi Lebih Kecil

Cara ini termasuk paling mudah untuk mendapatkan perut yang rata hanya dalam waktu satu minggu. Jika biasanya Anda makan berat sampai tiga kali sehari, maka coba ubah secara perlahan kebiasaan tersebut, yakni dengan cara makan dengan porsi kecil yang jaraknya antara 2 hingga 3 jam.

Cara seperti ini akan bermanfaat untuk mencegah lingkar perut semakin melebar, juga bisa membuat sistem metabolisme membakar lebih banyak lemak.

Atur Konsumsi Saruan dan Buah-buahan Mentah

Dalam sekali makan, disarankan Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak sayuran dan buah-buahan yang masih mentah. Alangkah lebih baik memakannya dengan porsi kecil tapi dilakukan secara berkala dalam satu hari. Hal ini berguna untuk mencegah lingkar perut melebar.

Kurangi Konsumsi Produk Susu

Bagi Anda yang intoleran terhadap laktosa atau zat gula yang terdapat pada produk susu, maka harus mengurangi konsumsi produk-produk susu, sebab bisa mengakibatkan perut kembung karena gas.

Untuk itu disarankan mengkonsumsi susu dan produk turunannya dengan porsi yang kecil. Hal ini bermanfaat supaya bentuk badan tetap terjaga. Namun, akan lebih baik lagi bila Anda mengkonsumsi produk susu yang dikombinasikan dengan bahan pangan lainnya.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Potassium

Makanan yang kaya potassium seperti pisang, alpukat, mangga, pepaya, dan yogurt memiliki manfaat untuk mengurangi perut kembung. Karena, potassium merupakan diuretik alami yang mampu membantu mengurangi penimbunan air dalam perut.

Makan Lebih Banyak Buah Beri

Buah beri memiliki manfaat untuk melawan lemak. Hal ini sudah dibuktikan oleh riset, dimana buah beri mampu mencegah sel lemak bertambah besar. Selain itu buah beri juga bisa membantu sel perut memproduksi adiponecetin, serta hormon yang membantu mengurangi peradangan sekaligus membantu menurunkan gula darah.

Makan Lebih Banyak Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan juga bisa membuat perut Anda tetap kencang. Hasil penelitian menunjukkan orang yang makan kacang-kacangan dua kali dalam seminggu akan lebih mudah menjaga berat badan, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Olahraga

Dengan cara berolahraga akan membuat Anda semakin mudah untuk mengecilkan perut. Karena, ada beberapa jenis olahraga yang memiliki manfaat khusus bagi perut, seperti latihan aerobik, berenang, jalan cepat, plankin, push upa, ataupun memakai abs roller seperti yang dilakukan Kim Kardashian. Baca juga: Tips Pola Hidup Sehat Yang Mudah

Minum Lebih Banyak Air Putih

Minum air putih juga sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sekaligus membuat perut tetap rata. Bila Anda minum cukup air putih, maka hal itu dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh sehingga akan mengurangi penimbunan air. Minum lebih banyak air putih juga bisa membuat Anda merasa kenyang, sehingga dapat mencegah makan terlalu banyak.

Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang bernama katekin. Antioksidan ini bermanfaat untuk mengurangi lemak perut. Cara yang bagus untuk mengecilkan perut secara maksimal, minumlah teh hijau sebelum olahraga.

Mengkonsumsi Jahe

Jahe tak hanya bisa mengurangi kembung atau menjaga usus, namun juga mampu menghilangkan kelebihan gas di dalam tubuh. Caranya, parut sedikit jahe lalu campurkan dengan teh hijau, atau bisa juga Anda rebus akar jahe untuk membuat teh jahe.

Selain jahe, peppermint pun bisa melawan perut kembung. Anda bisa mengkonsumsi peppermint dalam bentuk teh, permen, atau memasukkan daunnya ke dalam air minum.

Jauhi Alkohol dan Minuman Bersoda

Jika Anda ingin memiliki perut rata, maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi alkohol. Sebab, konsumsi alkohol akan membuat tubuh lebih lambat 36 persen dalam membakar lemak.

Sedangkan, minuman bersoda mengandung gas sehingga hal itu akan membuat perut Anda melebar.

Tidur Lebih Awal

Tidur lebih awal punya banyak manfaat, salah satunya Anda akan terhindar dari rasa lapar saat tengah malam. Selain tidur lebih awal, menjaga pola makan serta melakukan olahraga akan lebih efektif untuk mengecilkan perut jika Anda cukup tidur.

Sebab, kekurangan waktu untuk tidur bisa menghasilkan hormon stres bernama kortisol. Hal ini dapat menyebabkan timbunan lemak di area perut.

Itulah 13 cara untuk mengecilkan perut dalam seminggu yang bisa dengan mudah Anda lakukan. Tetapi, bila tidak ada komitmen tentunya cara-cara tersebut akan menjadi hal yang cukup menantang bagi Anda. Namun terpenting adalah Anda tetap yakin dan komit.