Jeruk nipis sudah menjadi tanaman paling bermanfaat untuk segela aspek kehidupan. Buah berbentuk bulat dan berwarna hijau ini sangat mudah diolah dan ditanam di halaman pekarangan. Siapa sangaka jeruk nipis merupakan tanaman paling ajaib baik berguna dalam kesehatan dan kecantikan. Ada hal yang menarik dari tanaman berduri satu ini yaitu sagat bermanfaat untuk rumah tangga. Ada banyak Kandungan  baik di dalam buah lonjong mungil ini. Kandungan zat asam sitrat, flavanoid, mineral, dan serat sangat tinggi, sehingga efektif untuk pengobatan, zat tambahan sabun, bumbu masak dan tanaman obat. Belah dan peras sarinya dan tambahakan sedikit batu es. Minuman segar kaya akan vitamin ditambah lagi sangat efektif untuk mengurangi lemak. Apa saja manfaat buah jeruk nipis ini dalam rumah tangga?

Jeruk Nipis Untuk Bumbu Masak

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai bumbu masak. Ibu rumah tangga pasti tahu buah rasa asam ini dapat menambah aroma wangi dalam masakan. Tidak hanya buahnya saja yang diperas lalu dimasukan kedalam masakan, namun daunnya juga dapat dimanfaatkan untuk bumbu alami. Jika dirumah tidak ada asam jawa sebagai penambah rasa asam  ke dalam masakan pindang, gunakan perasan jeruk nipis sebagai rasa asam kedalam masakan. Bumbu masak alami dan kesegeran dari rasa asam sangat bak untuk kesehatan dan penambah rasa asam. Anak-anak yang kurang suka ikan dapat memasukan perasan jeruk nipis ke dalam masakan. Artinya keharuman alami dari spesis  tanaman jeruk sangat harum dan penamabah rasa asam yang alami pula.

Menghilangkan Bau

Keajaiban dari tanaman jeruk baik sari dan daunnya dapat diambil untuk berbagai keperluan. Salah satunya dapat menghilangkan bau dan sangat klinis. Bakteri yang menempel pada piring bekas makanan sangat efektif menggunakan sabun berbau jeruk nipis. Kandungan flavonoid dalam jeruk bermanfaat untuk mematikan bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur. Selain itu aroma asam sitrat yang terkandung didalam setiap tetesnya memberikan rasa harum alami. Menghilangakan bau amis dapat juga digunakan kedalam masakan. Masakan yang amis baik dari daging dan ikan dapat ditmambahkan perasan jeruk untuk menghilangkan bau. Selain untuk penghilang bau dari masakan, aroma jeruk juga dapat menetralkan bau dalam ruangan. Jika sulit memilih produk apa yang alami untuk menghilangkan bau, jeruk nipis yang paling kuat aromanya. Dengan sekali tetes, menghilangkan berbagai macam bau dan noda piring.

Obat Rumahan

Jeruk nipis menjadi obat rumahan paling populer di masyarakat. Khasiat dari tanaman jeruk sudah diuji dan dapat mengobati segala macam penyakit. Obat batuk alami ala rumahan menggunakan perasan jeruk dan kecap. Sebagian lainnya mencampurkan perasaan jeruk ke dalam arir hangat untuk diet alami. Jika tidak percaya lakukan secara rutin mengonsumsi hasil perasan jeruk nipis. Tubuh akan terlihat lebih langsing. Obat awet muda dengan jeruk nipis selain diminum airnya, banyak dimanfaatkan untuk pemebersih wajah. Jeruj sangat efektif menghilangjan bau amis dan meemberikan kesegeran pada kulit.

Tanaman Obat

Mempunyai kebun di belakang rumah tidak lengkap tanpa menanam tanaman jeruk nipis. Untuk itu budidayakan tanaman berduri ini sebagai tanaman obat. Kebutuhan rumah tangga sehari-hari sering membutuhkan jeruk nipis dan daunnya untuk berbagai keperluan. Produk sabun beraroma jeruk sangat membutuhakan tanaman obat satu ini. Banyak khasiat dan aman untuk dikonsumi menjadi produk paling populer.