Salah satu tren yang sedang cukup banyak diminati saat ini adalah infused water. Minuman ini berupa air mineral biasa yang telah dicampur dengan potongan buah segar di dalamnya. Manfaat infused water diklaim sangat beragam, mulai dari membantu program diet, anti penuaan hingga melancarkan pencernaan dan sarana detoks. Namun nyatanya sampai sekarang belum ada penelitian medis resmi yang menyatakan bahwa infused water memang benar memberikan manfaat seperti klaim di atas. Hal ini bukan berarti infused water tidak berguna sama sekali, karena nyatanya infused water justru dapat bermanfaat untuk orang-orang tertentu yang cenderung tidak menyukai air mineral.

Mereka seringkali akan memenuhi kebutuhan cairan dengan minuman lain seperti kopi, teh hingga minuman ringan dalam kemasan. Padahal, konsumsi minuman-minuman tersebut bisa dibilang justru semakin membuat tubuh dehidrasi. Infused water dapat menjadi jalan tengah karena air yang dikonsumsi bercampur potongan buah serta kita dapat memilih sendiri buah apa yang akan dibuat infused water tiap harinya.

Salah satu menu infused water yang dapat kita coba adalah sebagai berikut. Sediakan lemon sebanyak dua potong, mentimun sebanyak setengah buah yang diiris tipis, daun mint sebanyak sepuluh hingga dua belas lembar, lalu masukkan ke dalam tiga liter air. Aduk dan tutup rapat lalu simpan dalam kulkas selama kurang lebih dua jam. Apabila terasa asam, cukup tambahkan air.

Menu infused water lain yang bisa kita coba adalah strowberi dan nanas. Siapkan stroberi potong sebanyak setengah cangkir, nanas potong sebanyak setengah cangkir dan air sebanyak satu liter. Masukkan nanas serta stroberi ke dalam air, aduk lalu tutup rapat dan simpan di dalam kulkas. Selain itu, kita juga bisa mencoba membuat infused water menggunakan biji delima.

Siapkan biji delima sebanyak tiga ratus gram yang dibekukan dan dimasukkan dalam cetakan es batu. Masukkan air dan bekukan. Jika sudah beku, masukkan ke dalam air mineral sebanyak dua liter yang telah diisi irisan lemon. Diamkan dalam kulkas. Manfaat infused water akan semakin terasa apabila kita menggunakan air matang serta buah segar yang sudah dicuci bersih.