Indonesia ialah Negara kepulauan dengan aneka ragam budayanya. Indonesia juga terdiri dari beberapa suku yang memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu suku yang berada di Indonesia itu adalah suku sunda. Masyarakat sunda menempati bagian barat  pulau Jawa. Suku ini memiliki aneka ragam khas, baik itu dari segi makanannya, kerajinan khasnya, sampai bahasanya. Selain itu juga di sunda terdapat aneka ragam permainan tradisional yang  tak kalah menyenangkan dengan permainan permainan modern saat ini. Banyak sekali permainan anak laki laki maupun permainan anak perempuan yang dimainkan secara tradisional. Diantaranya adalah :

1. Jajangkungan
Jajangkungan ini merupakan permainan anak laki laki yang terbuat dari bambu. Kenapa dinamakan jajangkungan. Karena yang memainkan permainan ini akan terlihat lebih jangkung atau tinggi. Cara membuat permainan ini adalah , potong dua  bambu sepanjang dua meter, kemudian sediakan potongan bambu sepanjang 20-30 centi meter. Lalu tempelkan potongan pendek bambu kepada bambu panjang di ketinggian 30-40 meter. Potongan bambu yang kecil itu akan menjadi pijakan kaki, sehingga ketika kaki dinaikkan  pada pijakan itu seolah olah kita seperti orang tinggi. Dibutuhkan keseimbangan dan latihan untuk memainkan permainan ini.

2. Galah
Permainan ini tidak hanya permainan anak laki laki saja, bahkan anak perempuan pun sering memainkan permainan ini. Dalam permainan ini dibutuhkan banyak pemain yang dibentuk menjadi dua tim. Sebab teknis permainan ini adalah ada 3 garis yang masing masing di jaga , pemain yang lain harus melewati garis tersebut. Jika berhasil melewati garis tersebut tanpa ditangkat penjaga maka tim tersebut menang.

3. Ucing sandal
Permainan ini mirip dengan petak umpet dimana ada satu orang yang berhitung dan yang lain menyembunyikan. Namun dalam  permainan ini, yang disembunyikan adalah sandal, bukan orangnya.

4. Rebon
Dalam permainan ini ada dua tim yang sama sama memiliki markas. Kedua tim saling berkejaran mendapatkan lawan untuk ditawan sekaligus untuk menginjak markas lawan. Jika markas lawan berhasil diinjak maka tim itulah yang menang.