Mazda CX 8 digadang-gadang bakal jadi pesaing Honda CRV setelah ramai diperbincangkan lantaran sudah terdaftar di Samsat DKI Jakarta. 

PT Eurokas Motor Indonesia (EMI), pemegang merk Mazda di Indonesia memang gencar mengisi pasar Sport Utility Vehicle (SUV) tanah air. Sebelumnya Mazda juga mengeluarkan seri CX 3, CX 5, dan CX 9. 

Mazda CX 8 memiliki harga sebanding dengan spesifikasinya yang mumpuni. Berikut spesifikasi Mazda CX 8, kendaraan merk asal Jepang yang disebut bakal menyaingi Honda CRV ini:

Desain

Dikutip dari Harapan Rakyat, desainnya mungkin sedikit mirip dengan Mazda CX 5. Beberapa reviewer bahkan mengungkap, Mazda CX 8 layaknya versi 7 bangku penumpang dari Mazda CX 5.

Kemiripan tersebut bisa dilihat pada bagian depan. Dari grille, bumper, headlight, sampai model kap bahkan pintunya sekalipun amat mirip. Namun memang ada beberapa hal yang bisa membedakan Mazda CX 8 dari Mazda CX 5.

Dimensi

Berbeda dengan Mazda CX 5, mobil Mazda CX 8 memiliki dimensi lebih panjang yakni 4.900 m atau lebih panjang 350 mm dari Mazda CX 5.

Dimensi yang panjang ini, membuat ruangan pada jok baris ketiga terasa lebih luas dan siap bikin nyaman siapapun yang berada di dalamnya.

Spesifikasi Mazda CX 8 juga didukung dengan kapasitas bagasi yang besar, yaitu 209 liter. Jika masih dirasa kurang beras, pengguna Mazda CX 8 bisa melipat bangku jok baris ketiga sehingga bagasi lebih besar menjadi 742 liter.

Eksterior

Pada bagian eksterior, Mazda CX 8 memiliki LED DRL dan LED  headlight projector pada bagian depan. Berbeda dengan bagian belakang yang memiliki LED taillight.

Sementara Grill pada Mazda CX 8 menghadirkan konsep Kodo Design dengan 5 bilah horizontal dan juga frame krom. Pada sisi samping, body mobil ini ditegaskan dengan konsep body-cladding berwarna hitam.

Spesifikasi mazda CX 8 di bagian belakang dibekali roof spoiler yang warnanya sama dengan bodynya dan dibekali velg yang sporty dan elegan.

Keistimewaan lainnya, Mazda CX 8 ini ditambah dengan roof-tail pada atapnya. Roof tail ini membuatnya terlihat sangat berkelas.

Mesin

Mesin Mazda CX 8 berkapasitas 2.200 cc diesel yakni SKYACTIV-D atau SKYACTIV-G dengan kapasitas 2.500 cc bensin.

Dengan mesin tersebut, Mazda CX 8 ini mampu mengeluarkan tenaga 187 Tk dengan torsi paling banyak 251 Nm.

Selanjutnya, performa dari mesin 4-silinder 2.488 cc pada mobil ini berkonsep naturally aspirated atau non turbo. Dengan mesin ini, Mazda CX 8 mudah saja melibas segala medan. 

Fitur

Spesifikasi Mazda CX 8 pada fiturnya cukup lengkap, diantaranya memiliki system pengereman juga dilengkapi ABS, head-unit yang terhubung denegan smartphone, keyless, airbag, lengkap dengan navigasi satelit.

Bukan itu saja, mobil ini juga dilengkapi dengan dynamic stability control, dengan lane-keep assist dan driver attention alert. Ada juga rear cross traffic alert, roll stability control, traction control, lengkap dengan 360 camera, cruise control dan tire pressure monitoring system.

Keistimewaan pada bagian fiturnya juga Mazda CX 8 ini didukung dengan laci pada door-trim serta konsol bagian tengah. Fitur lainnya yaitu mobil Mazda ini dilengkapi sejumlah cupholder sampai dashboard kiri.

Harga Mazda CX 8

Lalu berapa harga Mazda CX 8 ini? Mobil pesaing Honda CRV dan Hyundai Santa Fe ini, dijual dengan harga Rp 640 jutaan sampai paling tinggi Rp 700 jutaan.

Dengan harga tersebut, Mazda CX 8 bisa jadi pilihan utama Anda yang ingin memiliki mobil dengan jumlah seat muat 7 penumpang.

Spesifikasi Mazda Fe yang mirip dengan Honda CRV dan Hyundai Santa Fe ini membuat ketiganya bersaing di pasaran mobil SUV. 

Perbedaan mencolok antara ketiganya hanya bisa dilihat dari mesin yang mendukung ketiganya. Honda CRV didukung mesin 1.500 cc turbo, sementara Hyundai Santa Fe memiliki mesin 2.400 cc.

Harganya yang sepadan dengan spesifikasi Mazda CX 8 membuat mobil ini bisa jadi pilihan favorit, apalagi bagi yang menginginkan mobil SUV dengan 7 seater, namun tetap terlihat berkelas dan elegan.