Resep kue tradisional indonesia yang satu ini memang tidak asing di telinga anda, apalagi di lidah anda tentunya semakin akrab dengan kue basah yang lebih populer dengan nama kue putu ayu atau putri ayu. Kue ini memiliki tampilan menarik dan menggemaskan, memang rasanya pun sesuai dengan tampilannya yang menggiurkan. Sehingga tidak heran jika hampir semua orang di Indonesia menyukai kue tradisional ini.

Karena kelezatannya tersebut, kue basah ini sering dihidangkan di berbagai acara-acara besar seperti pesta pernikahan, syukuran, ataupun hidangan pada acara besar lainnya. Tapi kali ini anda bisa membuatnya sendiri di rumah bersama keluarga tercinta dengan mengikuti resep pembuatannya berikut ini.

Adapun bahan-bahan yang harus anda persiapkan untuk membuat resep masakan kue tradisional indonesia ini adalah :

Kue Tradisional Indonesia

  • 2 butir telur ayam
  • 200 gr gula pasir GULAKU,
  • 1 sdt SP
  • 200 ml santan kental
  • 150 gr tepung terigu serbaguna
  • Pewarna makanan (hijau) secukupnya
  • 100 gr kelapa yang telah diparut dan dikukus
  • Garam secukupnya

Nah, jika semua bahan – bahan yang dibutuhkan sudah siap, langkah selanjutnya tinggal cara pembuatannya yaitu dengan mengocok dua butir telur dengan gula pasir GULAKU dan SP sampai terlihat mengembang.

Setelah adonan mengembang, selanjutnya masukkan terigu dan aduk sampai rata. Lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit dan tambahkan pula pewarna secukupnya hingga tercampur merata. Campur kelapa dan garam secukupnya, aduk hingga rata kemudian kukus kurang lebih 10 menit. Nah setelah adonan siap, sediakan cetakan dan tuangkan adonan kue putu ayu tersebut ke dalam cetakan (jangan terlalu penuh).

Panaskan panci pengukus dan adonan dikukus hingga matang. Namun, di dalam pengukusan gunakan api yang sedang agar hasilnya matang sempurna dan tidak ada warna hijau pucat. Sebagai catatan saja, pilihlah kelapa yang masih muda dan sedikit ditekan di dalam cetakan. Selain itu, gunakan juga gula pasir GULAKU yang terbukti bahan utamanya adalah gula asli tebu yang berkualitas, sehingga makanan apapun yang Anda buat akan memiliki rasa manis yang lebih sempurna. Itulah resep kue tradisional indonesia yang bisa anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba!