Resep Makanan Tradisional – Cucur adalah salah satu makanan khas nusantara yang sangat digemari oleh banyak orang. Sampai saat ini, cucur adalah makanan yang juga mungkin masih sering kita lihat dijajakan di pedagang – pedagang kue tradisional. Ternyata, resep makanan tradisional yang satu ini mudah sekali untuk dibuat oleh setiap orang.

Selain pembuatannya yang mudah, ternyata cucur ini pun memiliki bahan yang tidak sulit untuk kita dapatkan, bahkan bahan – bahan untuk membuatnya pun bisa kita dapatkan di berbagai tempat baik itu swalayan maupun warung – warung tradisional.

Resep Makanan Tradisional
Resep Makanan Tradisional

Berikut ini cara – cara pembuatan resep makanan tradisional kue cucur gula merah :

Bahan – Bahan yang Diperlukan :

Kue cucur adalah salah satu jenis kue yang memiliki bahan – bahan tergolong sederhana dan tidak banyak. Sehingga, pembuatannya tidak memerlukan biaya yang mahal tapi, rasanya sudah tidak perlu diragukan kembali. Untuk bahan yang harus anda persiapkan diantaranya seperti :

  • 150 gr Gula merah,
  • 200 ml Air,
  • 1 gelas belimbing Terigu,
  • 1 gelas belimbing (munjung),
  • Tepung beras,
  • 1 lembar Daun pandan dan terakhir siapkan garam dan vanili secukupnya saja.

Itulah beberapa bahan resep makanan tradisional tersebut untuk anda yang saat ini ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Cara Pembuatan :

  1. Setelah mempersiapkan bahan – bahan di atas, selanjutnya anda buat masakan tersebut. Cara pengolahannya pun sangat sederhana sekali dan bisa dibuat oleh orang yang baru belajar memasak.
  2. Pertama – tama rebuslah terlebih dahulu gula merah, gula pasir, garam, daun pandan dan juga air hingga mendidih, kemudian dinginkan.
  3. Selanjutnya, campurkan tepung beras, terigu dan vanilli dengan menggunakan larutan gula yang sudah didinginkan.
  4. Kemudian aduk rata semuanya dengan menggunakan whisk atau bisa juga dengan menggunakan mixer kecepatan rendah dan diamkan 10-15 menit.
  5. Setelah itu, siapkan wajan serta minyak untuk menggoreng adonan tadi,  kemudian goreng adonan tanpa perlu di bolak-balik.
  6. Setelah adonan tersebut matang, anda bisa menyajikannya untuk cemilan keluarga dikala santai.