Menjelang hari lebaran, hampir setiap keluarga berbondong-bondong membuat sajian opor ayam sebagai suguhan untuk menemani waktu berkumpul bersama keluarga sembari menikmati hari kemenangan. Bagi Anda penikmat makanan pedas, agar sajian opor ayam yang Anda buat memiliki rasa yang lebih lezat dan berbeda dibandingkan orang lain, berikut kami berikan resep opor ayam spesial yang disajikan dengan sambal kecap khusus dari kecap Bango yang mampu membuat sasana makan keluarga menjadi lebih mengenyangkan dan menghangatkan hati.

Apa Saja Bahan-Bahan untuk Membuat Sajian Opor Ayam Sambal Kecap

Bahan-bahan:

  • 500 g potongan daging ayam                          750 ml santan cair
  • 500 ml santan kental                                       3 lembar daun salam
  • 3 buah lengkuas, memarkan                            2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam halus                                            minyak secukupnya
  • 275 ml kecap Bango manis pedas gurih          Bawang goreng sebagai taburan

Bumbu halus:

  • 5 butir kemiri                                                   7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih                                      4 buah cengkeh
  • ½ jari kelingking kayu manis                          2 cm kencur

Cara membuat opor ayam spesial sambal kecap:

  1. Bersihkan daging ayam dan potong-potong sesuai bagiannya dengan ukuran sedang. Selanjutnya sisihkan.
  2. Siapkan bumbu halus yang akan digunakan untuk memasak. Panaskan minyak, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan mengeluarkan bau harum. Selanjutnya tambahkan semua bumbu halus lain yang ada. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  3. Masukkan potongan daging ayam bersama dengan santan cair. Diamkan agar daging ayam berubah menjadi empuk dan santan cair mengering. Tambahkan daun salam dan lengkuas untuk menambah harum masakan dan memperkaya cita rasa tradisional.
  4. Setelah santan cair berkurang, masukkan santan kental. Aduk terus santan tersebut agar tidak pecah hingga daging ayam benar-benar sudah empuk dan matang.
  5. Angkat, sajikan dalam mangkok yang sudah disediakan. Tambahkan taburan bawang goreng di bagian atas opor ayam spesial sambal kecap untuk menambah kelezatan rasa.

Sajikan bersama kecap Bango manis pedas gurih dengan perpaduan dari kedelai hitam, cabai rawit hijau dan merah serta bawang yang memberikan sensasi rasa manis, pedas dan gurih yang tepat untuk menambah kehangatan suasana lebaran saat berkumpul dengan saudara Anda di rumah.