Kita akan bercerita tentang kuliyah jurusan broadcasting. Ada yang bertanya-tanya selama ini tentang perkuliyahan ini? Menurut J.B. Wahyudi (1996), broadcasting adalah proses komunikasi suatu titik ke audiens, yaitu suatu proses pengiriman informasi dari seseorang atau produser (profesi) kepada masyarakat melalui proses pemancaran elektromagnetik atau gelombang lebih tinggi.

Selanjutnya dalam ilmu komunikasi, broadcasting merupakan sub disiplin ilmu komunikasi terapan yang khusus mempelajari pengemasan pesan melalui media massa elektronik seperti televisi, radio, dan internet.

jurusan broadcasting
jurusan broadcasting

Perfilman juga termasuk broadcasting karena pada hakikatnya film adalah seni mengemas pesan dalam bentuk audio visual yang memiliki jalan cerita. Nah, selanjutnya apa sih yang dipelajari selama kuliah jurusan broadcasting. Tergantung jurusan masing-masing, fokusnya mempelajari apa.

Walau begitu, setiap peserta didik harus menguasai ilmu-ilmu dasar seperti mengerti gambar yang baik. Harus tahu aturan dalam mengambil gambar, seperti gambar tidak boleh shaking (bergoyang), seimbang komposisinya, dan warna pencahayaan yang pas.

Secara general, jurusan broadcasting terbagi menjadi 3, yakni:

Manajemen Pemberitaan.
Jurusan ini dipertunjukan bagi mereka yang ingin menjadi penyiar berita, penulis naskah berita, reporter, presenter, dan lain sebagainya. Di sini kamu akan mempelajari public speaking, TV performance, menulis naskah berita, menyusun bulletin berita, meliput berita, dan lain sebagainya.

Manajemen Produksi.

Jurusan ini cocok untuk mereka yang ingin menjadi produser, sutradara, penulis skenario, tim kreatif, dan lain sebagainya. Yang dipelajari secara intim pada jurusan ini adalah cara-cara mengambil gambar yang baik, menyusun program acara, memahami dunia televisi, menulis naskah program maupun skenario, dan lain sebagainya.

Teknik Produksi.
Yang populer disingkat tekpro. Jurusan ini untuk mereka yang mau kerja di bagian teknik, seperti kameramen, editor, soundman, lightingman, dan lain sebagainya. Yang dipelajari adalah soal teknik mengambil gambar yang baik, konsep tata cahaya, tata suara, editing gambar, editing grafis, dan lain sebagainya.

Terus tugas kuliah jurusan broadcasting disuruh ngapain? Untuk anak pemberitaan biasanya dapat PR untuk membikin video siaran berita, reportase, wawancara atau vox-pop. Selain itu juga PR menulis naskah berita sampai membuat rundown bulletin berita. Sedangkan untuk anak manpro, tugasnya ya disuruh bikin naskah program, naskah skenario, naskah desain program dan naskah ini-itu.