Berkendara saat musim hujan memang cukup rawan kecelakaan. Itu diakibatkan karena kondisi jalanan yang cukup licin karena air. Kecelakaan yang biasa terjadi itu dikarenakan kendaraan anda tergelincir sehingga anda jatuh atau menabrak kendaraan lain. Namun jika anda memang harus berkendara saat hujan sebaiknya anda sudah melengkapi kendaraan anda dengan asuransi kendaraan, itu untuk melindungi kendaraan anda jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Tapi selain melindungi kendaraan anda dengan asuransi kendaraan, ada juga harus mengetahui apa saja tips berkendara saat hujan. Di bawah ini tips yang mungkin bisa membantu anda.

Cek Ban, sebelum anda pergi, cek terlebih dahulu ban kendaraan anda. Atur tekanan angin sesuai standar pabrik. Selain itu ukur juga kedalaman ban, hindari ban yang sudah tipis karena itu sangat memungkinkan untuk tergelincir.

Jangan Ngebut, saat hujan biasanya jalanan akan basah dan bercampur dengan kotoran atau minyak dan itu mengakibatkan jalanan menjadi licin. Sebaiknya melajulah dengan perlahan-lahan meskipun anda sedang terburu-buru.

Lihat Kondisi Cuaca, ketika anda dalam perjalanan dan tiba-tiba hujan bertambah deras sampai membatasi pandangan anda. Sebaiknya anda berhenti sejenak untuk menunggu hujan reda. Karena kondisi seperti itu beresiko kecelakaan.

Berhati-hati dan waspada, ketika cuaca hujan anda harus ekstra berhati-hati terhadap hal-hal yang penting dalam berkendara. Stir, kendalikan stir dengan baik jangan berbelok secara mendadak karena beresiko tergelincir. Rem, mengebut akan mengurangi fungsi rem karena ketika anda menginjak rem maka mobil anda akan terus melaju itu diakibatkan oleh jalanan yang cukup licin dan sebaliknya jika anda melaju dengan hati-hati, maka fungsi rem akan bekerja dengan baik.