Beberapa orang terkadang pernah berada di situasi mendesak dimana mereka dituntut untuk mendapatkan uang dalam jumlah besar dengan waktu singkat. Hal tersebut mungkin bisa membuat stres apalagi jika uang yang dibutuhkan sangat besar hingga ratusan juta. Jika berada di situasi tersebut, Anda tidak perlu stres berlebihan terlebih dahulu. Pasalnya ada cukup banyak cara yang bisa membantu Anda mengatasi masalah keuangan, salah satunya yaitu dengan gadai sertifikat rumah.

Sesuai namanya, Anda akan mendapatkan pinjaman uang sesuai yang dibutuhkan dengan menjaminkan sertifikat rumah. Meskipun dijadikan jaminan namun rumah tetap bisa ditinggali atau digunakan secara pribadi. Namun apabila tidak bisa melunasi pinjaman maka rumah yang dijadikan jaminan berisiko disita. Agar terhindar dari penyitaan maka Anda harus berhati-hati saat akan menggadaikan sertifikat rumah. Berikut ini ada beberapa tips aman dalam menggadaikan sertifikat rumah sehingga tidak memberatkan finansial:

gadai sertifikat rumah
gadai sertifikat rumah

Ajukan Pinjaman Sesuai Kemampuan

Hal paling penting sebelum gadai sertifikat rumah adalah memperhitungkan besar pinjaman yang akan dilakukan. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan kemampuan membayar cicilan di masa datang. Pastikan bahwa Anda mengambil pinjaman sesuai dengan kemampuan jadi tidak akan terasa berat saat mencicil. Rasio utang yang ideal yaitu tidak lebih dari 30% dari pendapatan Anda setiap bulannya.

Komitmen Membayar Cicilan

Apabila pinjaman yang Anda ajukan disetujui dan telah dicairkan, maka hal penting selanjutnya yang harus selalu diingat adalah komitmen untuk membayar cicilan. Jadikan pinjaman sebagai prioritas sehingga Anda tidak akan mengalami kredit macet atau bahkan kredit gagal. Sisihkan pendapatan setiap bulan untuk pinjaman, baru kemudian sisanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sebelum pinjaman lunas, usahakan untuk menahan keinginan konsumtif Anda seperti berbelanja, liburan, dan lain sebagainya.

Bandingan Beberapa Lembaga

Memilih tempat gadai merupakan salah satu cara untuk membantu kelancaran pinjaman yang dilakukan. Usahakan untuk mencari lembaga keuangan dengan bunga rendah sehingga cicilan bulanan lebih ringan. Selain itu, lihat biaya lain-lain juga ketika akan memilih lembaga keuangan. Untuk mendapatkan lembaga keuangan terbaik maka Anda perlu membandingkan beberapa lembaga sekaligus. Gunakan informasi dari kenalan atau internet untuk melakukan perbandingan. Biasanya lembaga keuangan terpercaya memiliki website resmi sebagai media promosi sehingga informasi bisa Anda temukan melalui website tersebut.

Pilih Lembaga yang Kredibel dan Terpercaya

Meskipun bunga rendah penting untuk Anda karena dapat meringankan cicilan namun Anda tidak boleh hanya terpaku pada hal tersebut. Pasalnya, banyak juga pihak tidak bertanggung jawab yang memberikan iming-iming bunga rendah agar banyak orang tertipu. Karena sertifikat rumah akan diserahkan sebagai jaminan maka Anda harus berhati-hati dengan lembaga kurang kredibel.

Pilihlah lembaga kredibel dan terpercaya yang memiliki izin OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. OJK sendiri merupakan lembaga independen yang memberikan pengawasan terhadap jasa keuangan di Indonesia. Apabila sebuah lembaga terdaftar di OJK maka lembaga tersebut bisa dikatakan kredibel dan terpercaya. Selain OJK, lembaga yang kredibel juga terdaftar di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Itulah berbagai tips yang bisa Anda ikuti sebelum mengajukan gadai sertifikat rumah. Apabila mengikuti tips di atas maka pinjaman yang Anda ajukan tidak akan semakin memberatkan finansial di masa datang. BFI Finance bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang mencari lembaga pegadaian sertifikat rumah. Perusahaan pembiayaan ini memiliki produk pinjaman jaminan sertifikat rumah dengan bunga flat 1.03% per bulan dan bunga rendah 13% per tahun. Informasi selengkapnya mengenai produk pinjaman jaminan sertifikat rumah BFI Finance bisa Anda lihat di website bfi.co.id.