Ibu akan selalu bahagia dengan hadirnya buah hati. Kehadiran buah hati akan membawa kebahagiaan sendiri tak hanya bagi ibu tetapi juga orang disekelilingnya. Buah kati akan menjadi perekat tali pernikahan. Dengan adanya bayi maka akan lengkaplah sebuah keluarga. Anak memang sesuatu yang paling dinantikan bagi pasangan yang sudah menikah. Memiliki anak sama dengan tanggungjawab baru. Namun bukan berarti sesuatu yang berat untuk dilakukan. Untuk ibu yang tidak bekerja, kehadiran anak akan bisa meramaikan hidupnya. Anda akan memiliki kesibukan baru yaitu merawat bayi. Beberapa memang masih perlu dipelajari seperti memandikan bayi baru lahir, mencari makanan yang sesuai, memberinya pendidikan dini, dsb.

Ibu akan cenderung overprotective terhadap bayinya. Ibu akan selalu melindungi bayi dari segala hal yang mengancamnya termasuk penyakit. Oleh karenanya pemilihan segala sesuatunya dibuat secermat mungkin agar tidak menimbulkan efek buruk bagi bayi. Seperti makanan misalnya, disesuaikan dengan kebutuhan bayi agar sesuai dengan gizi yang dibutuhkannya. Memandikan bayi baru lahir juga perlu diperhatikan. Jika salah bayi anda bisa sakit karena bayi memang mudah sekali sakit. Memandikan bayi jangan sembarangan. Gunakanlah peralatan mandi bayi yang memang telah tersedia seperti menggunakan bak mandi khusus bayi dan menggunakan handuk yang lembut bagi bayi agar ketika aman bersentuhan dengan kulit dan tidak menggores kulit.

Menggunakan bak mandi khusus bayi karena menyesuaikan dengan ukuran tubuh bayi yang kecil. Selain itu juga harus diperhatikan dalam hal kebutuhan sabun mandi atau shampo yang digunakan bayi. Gunakanlah sabun mandi atau shampo yang memang khusus bayi. Saat ini banyak produk khusus bayi seperti Switzal. Produk semacam ini dibuat khusus untuk bayi. Menjaga kulit bayi anda tetap lembut setelah dimandikan juga busanya tidak akan pedih dimata jika kemasukan air. Jangan lupa gunakan air hangat untuk memandikan bayi agar tidak kedinginan. Juga gunakan minyak kayu putih sehabis mandi untuk menjaga kehangatan tubuh bayi anda. Itulah sedikit tips memandikan bayi baru lahir.