Dokter spesialis kandungan adalah dokter dengan spesialisasi kesehatan sistem reproduksi wanita. Dokter kandungan berperan penting dalam membantu memeriksa ibu hamil, membantu persalinan, dan perawatan setelah persalinan. Sekarang ini terdapat banyak Dokter kandungan yang tersebar merata di seluruh rumah sakit. Dengan banyaknya Dokter spesialis kandungan sebenarnya anda tidak perlu bingung dalam memilih, namun untuk perawatan sang ibu serta calon bayi tentu setiap orang menginginkan Dokter spesialis kandungan yang terbaik.

Memperoleh gelar SpOG atau Spesialis Obstetri dan Ginekologi serta sub-spesialisasi (SpOG(K)) membutuhkan waktu kurang lebih 10-13 tahun sehingga anda bisa percaya bahwa hampir semua Dokter spesialis kandungan merupakan ahli di bidangnya dan merupakan Dokter yang baik. Namun bukan hanya ahli di bidangnya yang dibutuhkan pasien namun juga kenyamanan pasien saat ditangani oleh Dokter tersebut. Maka dari itu berikut merupakan beberapa panduan untuk memilih Dokter kandungan:

  1. Cari referensi dari orang sekitar anda mengenai dokter kandungan yang telah merawat meraka ataupun juga bisa mencari referensi melalui internet mengenai dokter kandungan.
  2. Kenali profil dokter dengan baik seperti telah berapa lama prakktek, apakah sang ibu akan risih bila ditangani oleh dokter laki-laki dan informasi lainnya yang anda anggap penting.
  3. Sesuaikan dokter pilihan anda dengan kemampuannya dalam menangani riwayat kesehatan anda.
  4. Cermati setiap keputusan yang diambil oleh dokter tersebut.
  5. Umumnya dokter kandungan menjalankan praktik di rumah sakit sehingga saat anda memilih dokter kandungan maka anda juga memilih untuk menjadi pasien di rumah sakit tersebut. Oleh karena itu pastikan anda juga merasa nyaman dengan rumah sakit tersebut.

Demikianlah lima tips untuk anda sebelum memilih Dokter spesialis kandungan yang tepat untuk menangani ibu dan bayi mulai dari masa kehamilan hinga kelahiran dan masa pertumbuhan bayi. Menghadapi persoalan kehamilan hingga persalinan selain melalui dokter secara langsung anda juga bisa konsultasi dengan dokter lewat internet dengan melalui Konsula. Konsula merupakan direktori Dokter dan layanan konsultasi kesehatan secara online.