Setiap orangtua pasti ingin senantiasa memberikan yang terbaik untuk anak, maka perlu mencari cara mendukung tumbuh kembang anak Anda. Mengoptimalkan masa pertumbuhan si kecil memang sebaiknya dilakukan sejak anak masih dalam usia bayi. Sebab masa usia balita menjadi masa keemasan anak untuk bisa menyerap segala hal yang diajarkan dan diperkenalkan kepadanya. Namun, memberikan ilmu kepada anak tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Bagi Anda yang menjadi orangtua perdana untuk anak pertama, maka berikut beberapa tips mendukung perkembangan anak secara optimal:

  1. Sering mengajak anak berbicara

Anak yang sering mendengarkan orang berbicara akan memiliki kecerdasan berbicara, sebab terasah kemampuannya berkomunikasi. Komunikasi yang baik dan lancar akan membuat anak menjadi pribadi yang kreatif dan percaya diri. Mampu mengungkapkan apa yang dipikirkan sehingga terbangun karakter yang kuat dan berpengaruh. Ajak anak berbicara tentang banyak hal, tidak salah jika membahas hal yang kurang penting sebab bertujuan untuk mencerdaskan kemampuan komunikasi anak.

  1. Ikut bermain bersama anak

Satu lagi upaya yang bisa dilakukan untuk membantu mencerdaskan anak sejak usia dini, yakni ikut bermain bersamanya. Lakukan permainan yang membuat anak menikmati kebersamaan bersama Anda, baik dengan mainan yang sederhana sekalipun. Jika memiliki anak perempuan bisa bermain masak-masakan atau bermain boneka. Jika anak laki-laki bisa bermain mobil-mobilan dan lain sebagainya, aktif sebagai orangtua merupakan bentuk dukungan tumbuh kembang anak Anda.